fbpx

Perbedaan Menonjol Bordir Manual dengan Bordir Komputer

Jasa bordir komputer Surabaya kini semakin mudah dijumpai. Bahkan untuk Anda yang suka dengan dunia fashion, pasti Anda juga tidak merasa asing dengan istilah bordir bukan? Penggunaan bordir ini pada umumnya kerap diaplikasikan pada kaos atau baju agar dapat membuat sebuah tulisan atau juga gambar. Sekarang ini bordir bukan hanya digunakan pada pakaian saja namun juga menggunakan mesin. Bahkan orang awampun tidak dapat membedakan hasil dari bordir manual dengan bordir mesin. Lalu apa saja perbedaannya? Yuk baca lebih lanjut disini!

Apa itu Bordir?

Bordir kerap diaplikasikan pada jenis kain misalnya pakaian, taplak meja, tas, topi, dan lain sebagainya. Bordir atau yang kerap dikenal juga dengan sulaman ini ialah sejenis hiasan yang diaplikasian di atas kain atau bahan yang lain dengan memakai benang dan jarum jahit. Bahkan ada juga yang menggunakan payet, manik-manik atau mutiara.

Pada zaman yang serba instan membordir kain bukan hanya menggunakan tangan saja, Anda dapat menggunakan mesin bordir komputer. Jenis kain yang digunakan juga berbeda-beda bahannya. Kualitas bordir juga berpengaruh pada jenis benang yang digunakan untuk bordir. Semakin bagus benang maka tentu hasil bordir juga semakin bagus dan dapat bertahan lama.

Perbedaan Bordir Manual dan Bordir Komputer

1. Bordir Manual

Image Source: Pinterest.com

Bordir manual biasanya diperuntukkan untuk pesanan dibawah 1 lusin ataupun pesanan satuan. Cara bordir manual persiapannya sangat sederhana dan singkat, yaitu tinggal print (lukis) gambar yang akan dibordir pada kertas kalkir sesuai dengan desain yang diinginkan dengan memakai pensil 2B .Kemudian kertas kalkir itu ditempelkan ke media yang ingin dibordir. Setelah itu proses bordir di laksanakan, bagus atau tidaknya hasil bordir tergantung pada keahlian orangnya. Walaupun persiapannya sederhana dan singkat, namun proses bordir manual ini tergolong lama.

Kelebihan Bordir Manual

  • Tidak perlu setting dan desain pada mesin bordir
  • Cocok untuk bordir dalam jumlah yang tidak banyak
  • Dari segi waktu, pengerjaan bordir manual lebih cepat proses persiapannya dibandingkan cara bordir komputer
  • Memiliki nilai seni tersendiri

Kekurangan Bordir Manual

  • Kadang terdapat kemungkinan kesalahan dalam melakukan pembordiran.
  • Hasilnya kurang akurat untuk bordir model
  • Lebih membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakan pesanan dalam jumlah yang banyak

2. Bordir Komputer

Bordir Komputer adalah hiasan atau sulaman yang dikerjakan pada medium tertentu dengan menggunakan mesin bordir dan merupakan solusi dari permasalahan dan kekurangan yang ada pada bordir manual. Model / desain haruslah dikerjakan dengan menggunakan sebuah software di komputer. Setelah file desain bordir komputer selesai maka kemudian film bordir tersebut dimasukkan ke dalam head mesin bordir komputer. Dan operator mesin akan menyesuaikan dan mengatur margin, warna benang dan letak bahan yang akan dibordir. Proses bordir kemudian dilakukan.

Kelebihan Bordir Komputer

  • Hasil yang akurat ,sesuai dengan desain yang sebelumnya telah dibuat
  • Pengerjaan cepat , semuanya telah dikerjakan otomatis oleh mesin bordir
  • Cocok untuk bordir dalam jumlah yang banyak

Kekurangan Bordir Komputer

  • Pembordir harus pandai mendesain dan mengoperasikan komputer
  • Setting mesin bordir rumit, apalagi jika desain memiliki tingkat kerumitan yang tinggi
Kesimpulan Perbedaan Menonjol Bordir Manual Dan Bordir Komputer

Jika Anda menggunakan mesin bordir akan menghasilkan bordir yang lebih rapi dan konsisten daripada jika Anda menggunakan bordir manual yang lebih artistik dan juga rapat. Selain itu jika Anda menggunakan mesin bordir sebaiknya Anda memesan dalam jumlah banyak, jika bordir manual Anda bisa memesan dalam jumlah sedikit bahkan satuan. Sebab proses bordir manual lebih lama.

Baca artikel lainnya tentang Definisi Garment dan 3 Subjek Pentingnya


Keduanya memang memiliki kekurang dan kelebihan masing-masing. Keputusan selalu di tangan Anda untuk menggunakan pakaian terbaik dan berkualitas. Semoga informasi dari Vido Garment ini dapat bermanfaat ya! Untuk Anda yang tertarik membuat PDH, serahkan saja pada Vido Garment Konveksi Terbaik di Surabaya. Anda dapat menciptakan kemeja dengan berbagai macam desain, bisa fitting size, dan dapat dipesan melalui online. Tunggu apalagi, yuk kunjungi website vido garment dan Hubungi Kami sekarang juga!

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
WeCreativez WhatsApp Support
Dapatkan informasi lengkap seputar promo dan pesanan Anda disini.
👋 Hai, Saya Ayu. Ada yang bisa dibantu? 😊